Senin, 09 Januari 2012

4 Pilar Pembentuk Perut Sempurna

Banyak dari kita masih bertanya-tanya kenapa perut saya masih terlihat one pack atau mungkin terlihat sedikit tapi masih malu-malu alias hanya membayang sedikit. Bahkan ada yang memaksakan untuk menahan napas dulu agar bisa terlihat bayangan six pack diperutnya. Apakah ini pertanyaan anda juga? Jika ya, teruskan baca artikel ini karena ini akan membuka mata anda keseluruhan yang diperlukan untuk menuju perut yang sempurna.

Diet yang Konsisten
Maksudnya diet disini tentunya bukan tidak makan berhari-hari seperti yang salah satu aktor Indonesia lakukan untuk memperoleh six packnya. Cara disini lebih manusiawi tapi perlu diperhatikan agar tidak kelolosan.
Tujuan utama strategi nutrisi anda disini adalah menjaga kepadatan otot anda sekuat mungkin sementara anda menyingkirkan sebanyak mungkin lemak yang menumpuk diperut anda.
Satu prinsip terpenting adalah makanlah sering dengan interval waktu yang sama. Misalnya setiap 2-3 jam sekali makan. Seorang bodybuilder makan porsi kecil setiap 2-3 jam dan ini sangat efektif untuk aliran nutrisi yang konstan, menjaga keseimbangan nitrogen dan kondisi anabolik pada sel otot anda.
Strategi ini juga mendukung usaha pembakaran lemak anda dengan memakan makanan yang mempunyai efek “membakar” (baca artikel “Makanan Pembakar Lemak”).
Dengan menjaga karbohidrat dan ukuran porsi anda terkontrol, anda juga mendukung level insulin dan gula darah anda. Porsi yang lebih kecil tidak akan membuat perut anda menggelembung dan bisa tetap terlihat kencang. Berikut ini adalah contoh pola makan diet:

Jam 8 Pagi:
½ mangkok oatmeal
2 telur utuh
4 putih telur

Jam 10.30 pagi:
1 gelas susu rendah lemak
20 biji kacang merah

Jam 1 siang:
100 gr dada ayam tanpa kulit
¼ mangkok nasi merah

Jam 3.30 sore:
1 kaleng tuna
1 mangkok sawi
1 sendok makan minyak zaitun

Jam 6 sore (setelah latihan):
2 scoop whey protein
½ mangkok oatmeal

Jam 7 malam:
100 gr daging sapi bakar
1 mangkok brokoli

Jam 9.30 malam:
2 telur utuh
4 putih telur
1 sendok makan selai kacang alami

Intensitas Latihan Perut

Satu alasan yang mungkin mengapa anda tidak bisa memperoleh perut yang menunjukkan ke-enam otot atau bahkan delapan otot adalah karena anda belum melatih dengan beban dan jumlah yang cukup untuk memulai hipertropi (peningkatan massa otot).
Kenyataannya, jika anda benar-benar ingin mempunyai otot perut yang bisa dilihat, anda perlu memborbardirnya dari berbagai sudut dan melatihnya sampai failure (hingga tidak kuat melakukan repetisi selanjutnya).
Program dibawah ini harus dilakukan 3 kali seminggu, jangan setiap hari agar otot perut anda bisa melakukan pemulihan dan pertumbuhan (anda tidak ingin berkeringat dengan sia-sia bukan?).

Captain’s Chair
Lakukan 4 set dengan repetisi 15-30 (tapi jangan berhenti jika anda masih kuat, teruskan). Jika anda bisa melakukannya dengan mudah, saatnya anda gunakan beban. Jepit barbel dengan kedua kaki anda kemudian lakukan lagi. Tingkatkan beban saat anda sudah merasa mudah.
video:http://www.youtube.com/watch?v=GN4Aj8CC6wM

Cable Crunch
Selain crunch biasa, anda bisa lakukan cable crunch karena lebih mudah mengatur bebannya. Lakukan 4 set dengan 15-20 repetisi (sama seperti diatas, anda teruskan jika masih kuat).
Latihan cable crunch akan melatih otot perut bagian atas, sementara captain’s chair melatih otot perut bagian bawahnya.
Video: http://www.youtube.com/watch?v=nqwFHHAQaL8

Oblique Crunch
Latihan ini akan melatih bagian samping perut anda.
Video: http://www.youtube.com/watch?v=QxaKQG-gmPY

Kardio untuk Efek Pembakaran Lemak yang Maksimal

Jika anda sudah mengatur pola makan anda untuk mencegah penumpukan lemak, dan melatih otot perut anda untuk menebalkan otot six pack, lalu bagaimana dengan lemak yang sudah tertumpuk diperut? Tentunya metabolisme kita perlu ditingkatkan untuk mulai menyingkirkan lemak tersebut. Anda harus membakar lemak tersebut dengan latihan-latihan yang meningkatkan metabolisme.
Banyak bodybuilder berpengalaman lebih suka melakukan kardio sebagai aktivitas pertama dipagi hari sebelum makan pagi. Ini sangat penting karena gula darah pada saat itu pada keadaan rendah dan itu akan membuat tubuh mencari sumber lainnya, yaitu lemak. Selain menentukan waktu untuk melakukan kardio, intensitas dan durasi adalah dua kunci lainnya untuk dipertimbangkan.
Tetap jaga latihan kardio anda hingga maksimal 45 menit agar anda tidak sampai malah membakar otot anda.

Suplemen Pembakar Lemak Tingkat Tinggi
Diet dan latihan adalah komponen utama untuk membentuk dan menampilkan otot perut anda. Tetapi jika anda serius untuk membentuk otot perut six pack, anda perlu juga dukungan pembakar lemak yang sudah melalui penelitian panjang. Kondisi tubuh tiap orang berbeda, ada beberapa yang memiliki kemampuan alami untuk menyingkirkan lemak, tapi ada juga yang malah mempunyai bakat menyimpan lemak.
Inilah peran dari suplemen pembakar lemak, yaitu memperbaiki pola tubuh hingga kebiasaan penyimpanan lemak akan digantikan dengan pembakaran lemak.
Ingat, anda sendiri mempunyai kesabaran yang terbatas untuk bisa melihat hasil usaha anda dan ketika mencapai batasan itu, tiba-tiba anda kehilangan semangat dan baru sadar 1 bulan kemudian (dan saat itu perut anda sudah menggelembung lagi). Karena itu suplementasi akan sangat membantu untuk meningkatkan kecepatan anda melihat hasilnya.


source:http://akubugar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar