Senin, 09 Januari 2012

Prinsip Acak Untuk Pertumbuhan Otot

Satu dari prinsip yang paling dasar dan paling penting dari latihan adalah prinsip pengacakan. Prinsip ini berpusat pada variasi latihan anda. Akan ada variasi set, repetisi, jeda istirahat dan lainnya. Yang penting juga adalah melatihan otot dari posisi yang paling efisien dimana bisa mempunyai dampak mekanik dan tekanan yang besar pada otot.
Prinsip Pengacakan
Prinsip pengacakan pada dasarnya bukan berarti melakukan segala latihan dengan sembarangan. Tetapi lebih pada usaha untuk membuat otot tidak sampai beradaptasi pada latihan yang kita lakukan. Ketika otot bisa melakukan adaptasi, berarti otot tersebut akan merasa untuk tidak perlu tumbuh lebih besar lagi (ini prinsip yang sama bukan dengan cara hidup kita, ketika semua terus berlangsung sama, kita tidak bisa berkembang).
Berikut ini akan dijelaskan beberapa bagian Prinsip Pengacakan.
Pengacakan Volume
Ketika anda melakukan latihan, berapa set, repetisi dan beratnya beban yang anda lakukan? Volume yang anda lakukan tersebut bisa saja tetap sama, tapi coba anda ubah. Sebagai contoh, ketika anda melakukan latihan Bench Press dengan 4 set x 10 repetisi dan beban 50 kg, maka volume latihan anda adalah 2000 kg.
Jika anda mengubahnya menjadi 5 set x 8 repetisi dan beban 50 kg maka volume latihan anda akan tetap 2000 kg. Tetapi disini anda melakukan perubahan pada set dan repetisinya.
Contoh lainnya, anda bisa juga mengubah bebannya menjadi 80 kg, tetapi set dan repetisinya menjadi 5 set x 5 repetisi.
Pengacakan Latihan
Ada banyak jenis latihan untuk otot yang sama. Tetapi setiap jenis latihan itu akan mengenai otot dengan cara yang berbeda. Sifat inilah yang akan membuat otot perlu belajar lagi sehingga bisa terus tumbuh. Sebagai contoh: latihan untuk otot dada bisa bervariasi seperti Bench Press, Cable Crossover, Pull over, Flyes.
Bahkan untuk latihan ini bisa berbeda jika kita menggunakan peralatan yang berbeda. Coba anda lakukan bench press dengan barbell dan bandingkan dengan smith machine. Ada perbedaan karena ketika anda melakukannya dengan barbell, maka ada satu aspek dalam latihannya, yaitu keseimbangan, sedangkan dengan menggunakan smith machine anda tidak perlu terlalu memusingkan keseimbangan karena bar/batang yg anda angkat itu sudah terarah. (Jika anda bingung apa itu smith machine, di gym biasanya ada, modelnya seperti barbell tapi ada pengaitnya, jadi ini lebih aman ketika anda sudah tidak kuat mengangkat bisa langsung dikaitkan agar tidak jatuh ke dada anda).
Barbell dengan dumbbell sendiri juga berbeda. Karena ketika anda melakukannya dengan dumbbell, anda bisa menambahkan gerakan ke dalam.
Pengacakan Sudut
Saya rasa anda bisa langsung paham dengan ini. Penggunaan sudut yang berbeda akan mengenai otot dari sudut yang berbeda pula. Dengan begitu otot akan terus beradaptasi terhadap arah dari bebannya.
Terutama pengacakan ini berlaku untuk latihan yang dilakukan dengan berbaring atau bersandar. Beberapa latihan diantaranya adalah Bench Press, Flyes, Crunch, Biceps Curls, Triceps Extension.
Tetapi ada juga latihan yang tidak perlu bersandar tapi bisa diatur sudut kemiringannya. Contohnya Cable Crossover. Anda bisa menariknya dari sisi kabel yang atas dan sudut lainnya bisa dari sisi kabel yang bawah.

Pengacakan Latihan disarankan untuk dilakukan tiap 4-12 minggu. Sedangkan untuk pengacakan volume bisa dilakukan lebih sering atau setidaknya 4 mingguan.
Untuk pengacakan sudut juga bisa dilakukan tiap 4 minggu.


soource:http://akubugar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar